Jumat, 23 Maret 2012

Cara menghindari dan menanggulangi serangga Tomcat


Wabah Tomcat mulai jadi bahan perbincangan masyarakat sekitar khususnya di pulau jawa.

Tomcat atau Rove Beetle sudah menjadi trend topic akhir-akhir ini. Beberapa pakar ilmuwan baik itu dokter ataupun menteri kesehatan turun tangan dalam masalah ini sendiri, karena tomcat sendiri sudah banyak membuat gangguan di indonesia khususnya pulau jawa. tahukan kamuciri ciri tomcat tersebut dan bagaimana cara mengenali Tomcat itu sendiri, berikut penjelasanya :
 
  1. Tomcat itu sendiri dominan berwarna hitam agak kecoklatan dengan mempunyai sayap yang mempunyai warna biru kehitaman. dimana pada Bagian perut tomcat itu sendiri mempunyai warna orange kemerah-merahan.
  2. Seperti yang anda lihat tomcat itu sendiri bentuknya hampir seperti semut yang mempunyai antena di bagian depanya.
  3. Tomcat dapat anda temukan di bagian yang lembab, Pada dasarnya Tomcat dapat berkembang biak di rawa-rawa, di sawah dan di tepi sungai.
  4. Mereka sangat tertarik dengan cahaya seperti laron, Khususnya di cahaya lampu. 
  5. Tomcat dapat terbang, dan biasanya dia mulai terbang pada malam hari saat cahaya datang di berkisaran lampu dan sifatnya berkelompok dalam komunitas kecil. Namun tidak jarang mereka terbang dengan sendirian.
Pembahasan diatas merupakan ciri-ciri dari serangga Tomcat yang meresahkan masyarakat, yang perlu kamu ketahui. Untuk Mengatasinya sebenarnya sangat mudah, Berikut cara mengatasi tomcat:
  • hindari tempat tempat yang terdapat pada nomor 3 di atas, khususnya jangan melakukan aktivitas di bawah lampu tersebut di saat tomcat berada disana. 
  • Jangan mengusir Tomcat dengan memegangnya secara langsung. Lebih baik gunakan sarung tangantisu, ataupun kertas agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit kita. Sewaktu tomcat tersebut berada pada bagian kulit anda, jangan dibunuh, kalau bisa usir saja dengan tangan anda, atau sentil dengan jari tangan anda. 
  • Apabila secara tidak sengaja kumbang ini terpijit dan cairannya menempel pada kulit, segera bilas dengan air sabun beberapa kali kemudian gunakan salep anti gatal, dianjurkan memakai salep Acyclovir 5 persen yang bisa didapatkan di toko obat atau apotek terdekat.
  • Begitu pula bila cairan kumbang ini menempel pada baju atau seprei, agar segera dicuci bersih menggunakan deterjen 
  • Cara ampuh lain yang dapat anda gunakan yaitu menggunakan alat ultrasonik yang dapat mengeluarkan suara-suara untuk pengusir serangga, alat alat tersebut sudah banyak di jual di pasarharganya cukup murah.
Semoga info diatas dapat berguna, dan silahkan berikan komentar jika ada saran atau pendapat yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar